Pengertian PBX
PBX adalah sebuah sentral
privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga /
perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut
Proses Kerja PBX
Server Softswitch
Sebuah sistem IP PBX
terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional
VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada.
Fungsi PBX IP server
mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software
(softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX,
dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan
panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang
sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan
internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia
layanan VOIP.
Konfigurasi Ekstensi dan
Dial Plan pada Server Softswicth :
Pengertian Ekstensi dan
Dial Plan pada Server VoIP
Dalam sintax yang
digunakan di file extensions.conf , setiap tahapan perintah dalam sebuah
extension di tulis dalam format
exten =
extension,priority,Command(parameter)
Kesimpulannya, sebuah
"context" mempunyai nama, seperti "john". Setiap context,
kita dapat mendefinisikan satu atau lebih "extension". Setiap
extension, kita dapat mendefinisikan sekumpulan perintah.
Komponen yang membangun
tahapan perintah extension atau command line adalah sebagai berikut,
Extension adalah label
dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf dan simbol yan
diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan
banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari
extension tertentu harus mempunyai label yang sama.
Priority biasanya berupa
angka integer. Merupakan urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam
sebuah extension. Perintah pertama yang akan dijalankan harus dimulai dengan
prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan
perintah extension. Setelah prioritas 1 di jalankan, Asterisk akan menambah
prioritas ke prioritas 2 dan seterusnya, tentunya jika tidak ada perintah yang
menentukan prioritas mana yang selanjutnya harus dijalankan. Jika ternyata
perintah selanjutnya ternyata tidak terdefinisi maka Asterisk akan menghentikan
proses menjalankan perintah walaupun masih ada perintah dengan prioritas yang
lebih tinggi.
Command atau perintah
adalah "aplikasi" yang akan di jalankan oleh Asterisk.
Parameter adalah
parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command /
perintah membutuhkan parameter, beberapa perintah dapat dijalankan tanpa
parameter.
Dial Plan berfungsi
sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX
(lokal) maupun antar IP-PBX, atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk,
Dial Plan diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf. Secara umum,
setiap ekstensi dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang ter-register ke
Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama dengan id user.
Konfigurasi Ekstensi
dan Dial Plan pada Server VoIP
Dial antar ekstensi pada
IP-PBX
[voipkn] -->>
seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context ‘voipkn’
exten
=>101,1,Dial(SIP/101,20) -->> Dial ext 101 dengan protokol SIP, time
out 20 detik
exten =>101,2,Hangup
-->> setelah timeout dilakukan hangup
exten
=>102,1,Dial(SIP/102,20)
exten =>102,2,Hangup
Proses kerja PBX pada
server softswitch
PBX atau private branch
exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon
dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon
dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak
perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik.
PBX menghubungkan antara
telepon dalam perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga
telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN – public switched
telephone network) melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara
pengirim dengan penerima melalui central office).
Jaringan ini
menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan hal lain yang menjadi
perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk. Oleh karena itu, telepon
dengan sistem PBX tidak hanya berfungsi untuk kegiatan telepon, namun juga
dapat mengirim fax atau modem akses internet.
Awalnya, keuntungan utama
dengan sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan telepon internal;
dan menghindari ‘tabrakan’ jaringan telepon internal dalam suatu perusahaan.
Dari sinilah, PBX mulai dikembangkan dan popular.
Layanan awal yang
disediakan PBX sistem tidak mencakup hunt groups, call forwading, dan extension
dialing (misal: 4632). Barulah pada tahun 1960, PBX disimulasikan dan kemudian
dikenal dengan sistem Centrex. Centrex juga melayani fitur serupa dengan PBX
yang berasal dari pusat jaringan telepon.
PBX dibedakan dari
‘sistem kunci’ yang dilakukan pengguna secara manual ketika ia menekan nomor
tujuan. Maka dari itu, secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan
nomor yang dituju pengguna.
Sistem ini disebut dengan
Hybrid systems. ‘Sistem kunci ini dibuat dengan memilih jalur keluar khusus
dengan menekan nomor eksternal. Namun, sistem PBX memiliki kode telepon untuk
menghubungkan satu saluran dengan saluran luar (DDCO – direct dial central
office), dan diikuti dengan nomor eksternal.
Sistem PBX memungkinkan
pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan
menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di Central Office maupun di DDCO.
Proses kerja PBX pada
server softswitch
Sebuah sistem IP PBX
terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional
VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa
software(softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server
IP PBX,dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk
melakukan panggilan.
IP PBX memiliki daftar
semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP mereka dan
dengandemikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan
eksternal baik melalui gateway VOIP atau menyedia layanan VOIP.
0 Komentar